Wednesday 19 May 2010

Kutipan Ceramah Asy Syekh Al Akbar Muh. Daud Dahlan
Pertama-tama puji syukur ke Hadirat Allah SWT, yang telah dan senantiasa memberikan karuniaNya kepada kita sekalian. Sholawat dan salam kita haturkan kepada penghulu kita Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat sekalian.

Hadirin hadirat rahimakumullah

Sadarilah bahwa kita hidup di dunia ini bukan hanya kita saja, tetapi juga bersama orang yang tidak mengimani Akan Allah. Karena bumi ini dibangun oleh Allah bagi yang iman dan kafir. Allah menciptakan segalanya berpasang-pasangan agar yang satu mengambil hal yang baik dan yang lain mengambil hal yang lebih baik (karena tidak ada manusia yang beri’tikad pada suatu hal yang buruk).

Tidak akan dapatbertahan hidup sesuatu pun tanpa suatu nilai positif, tetapi jika dia memiliki keinginan yang didorong hawa nafsunya, maka dia mulai melakukan perbuatan yang bukan atas kehendak Allah.

Sudah menjadi fenomena kehidupan yang umum,jika segala keinginannya sesuai dengan dirinya maka ia baru akan konsisten dengan nilai-nilai positif.

Hidup ini adalah relative, meski pada dasarnyaa manusia menginginkan hal positif jika dia melakukan salah (sedikit) maka akan berubah menjadi nilai negatif.

Ketika kita sakit kita berkeluh kesah,tetapi ketika dibawa ke Dokter (yang ahli) kita akan sembuh (karena keyakinan).

Tiada lain kehidupan ini hanyalah permainan dan bermain (bukan senda gurau).

Dalam suatu permainan pasti ada yang kalah dan menang meski semuanya belum pasti.tapi semua orang pasti memiliki keyakinan bahwa dia paling benar.

Maka dari itu jangan terlalu membanggakan diri,meski ada yang mengatakan “jangan berlaku taqlid buta”.Tapi apakah mungkin itu terjadi pada masyarakat yang majemuk.

Ada 2 orang anak,anak yang satu IQnya sedang,yang kedua IQnya tinggi.Maka yang IQnya tinggi akan lebih cenderung memilih duniawi.

Setiap manusia itu cenderung mengikuti tradisi kebangsaannya masing-masing.Padahal Allah memerintahkan kitamasuk islam secara kaffah.”udkhuluu fissilmi kaaffah”

Jika sesuatu yang benar sampaikanlah,jangan didasari dengan kebencian.

Tharikat adalah inovasi dari kata dien.

“Jangan ikut kebanyakan orang,ikutlah yang Allah perintahkan”.

Kutipan Ceramah lebih banyak lagi.

No comments:

Post a Comment