Monday 17 May 2010

Artikel/Tips

ARTIKEL ISLAM - GAUL YANG ISLAMI

Masa-masa remaja adalah masa-masa transisi, kita semua sudah tahu fakta itu. Masa-masa yang menurut sebagian orang adalah masa –masa yang terindah dalam hidup mereka, dimana semua keingin tahuan memuncak berakumulasi menjadi pengalaman-pengalaman yang sulit terlupakan sekaligus mengagumkan. Namun di sini kita tidak membeicarakan definisi ataupun kisah-kisah indah masa remaja, melainkan kita akan berbicara tentang pergaulan yang baik bagi para remaja, khususnya bagi remaja muslim.
bergaul dan berinteraksi telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita, khusus bagi remaja sendiri pergaulan adalah suatu keniscayaan yang tak terelakan, sebab mereka dituntut memiliki pergaulan dan wawasan seluas mungkin agar tak ketingggalan jaman, sehingga menurut istilah para remaja, orang yang ketinggalan jaman dan kurang luas wawasan interaksinya adalah orang kuper.
Tentu saja tak ada satupun remaja yang ingin di panggil dengan sebutan kuper , sehingga dengan alasan itulah banyak diantara para remaja yang membuka pergaulan mereka seluas-luasnya tanpa mengindahkan aturan dan kaidah bergaul yang baik. Sehingga tak sedikit remaja yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas yang mengakibatkan rusaknya masa depan dan hancurnya cita-cita yang semula dibangun dengan susah payah.
Untuk itu, khusunya sebagai remaja muslim, kita perlu memahami kaidah-kaidah bergaul yang baik dan sesuai dengan ajaran islam. Agar kita terhindar dari hal-hal negatif selama kita berinteraksi dan bergaul.
Berikut poin-poin penting yang perlu kita jadikan rambu-rambu saat kita membuka gerbang pergaulan kita :

1. Membuka pergaulan sebagaimana yang dianjurkan dalam Al Quran yakni sebagai sarana untuk saling mengenal (Ta’aruf) dan memperlebar jaringan silaturahim.

2. Membuka pergaulan harus berorientasi nilai-nilai positif. Karena dengan niat dan tujuan yang baik, maka hasil dari pergaulan kita tentu adalah nilai-nilai positif.

3. Jangan melanggar batas-batas/rambu-rambu syariat islam yang telah ditetapkan. Karena awal dari kesalahan dalam pergaulan adalah mulai berani melanggar terhadap rambu-rambu agama.

4. Senantiasa cerminkan akhlaq yang baik dan santun ketika bergaul dengan sispapun, maka kita akan menularkan hal positif dan terhindar dari pengaruh-pengaruh negatife. Karena secara tidak langsung akhlak baik akan menjadi benteng tersendiri bagi kita.

No comments:

Post a Comment