Thursday 21 January 2010

TIPS MUDAH BERGAUL

Semua orang ingin memiliki teman yang banyak, memiliki pergaulan yang luas dan dikenal oleh banyak orang. Tapi hanya sedikit yang berhasil melakukannya kebanyakan bahkan gagal pada tahap permulaan. Ada yang menganggap bahwa seseorang mudah bergaul merupakan pembawaan atau kepribadian yang telah dibawa sejak lahir. Di satu sisi mungkin pendapat itu bisa dikatakan benar, namun di sisi lain juga tidak. Kenapa? Karena siapapun bisa bergaul dengan baik, bisa memiliki pergaulan seluas-luasnya. Satu hal yang harus dilakukan, yakni merubah sedikit prilaku dan cara kita bergaul. Berikut tips agar mudah bergaul :

1. “Masuki dunianya, tapi jangan tutup duniamu”
Di awal perkenalan atau perjumpaan jangan terlalu banyak menceritakan tentang dirimu, menceritakan kelebihan-kelebihan atau hobi dan lain sebagainya tentang dirimu. Sebab, semua itu akan terasa sangat membosankan bagi lawan bicara kita. Mulailah dengan memasuki “dunianya” tanyakan sebanyak mungkin tentang dirinya buat lawan bicaramu merasa kau sangat antusias dengan apa yang dia bicarakan.

2. “Jadilah pendengar yang baik”
Jangan pernah memperlihatkan bahwa dirimu bosan dengan apa yang lawan bicaramu ceritakan(meskipun dirimu sebenarnya teramat bosan), suatu hari nanti kamu akan melihat pengorbananmu (dalam hal mendengarkan) akan menjadikan dirimu sebagai orang terdekatnya. Bersiap-siaplah untuk mendengar cerita-cerita (walaupun mungkin membosankan) lainnya. Jangan lupa semua hal selalu membutuhkan pengorbanan.

3. “Jangan pernah terlibat konflik, tetaplah berada di garis tengah”
Ketika pergaulanmu mulai berkembang, konflik dan perselisihan akan sering menjumpaimu. Tapi jangan pernah terpancing, jadilah orang yang selalu menjadi penengah tanpa harus terlibat “pertempuran” jangan buat dirimu seolah-olah ada di kelompok A ataupun kelompok B. intinya semaksimal mungkin pertahankan posisimu. Maka, orang-orang akan melihatmu sebagai orang paling bijaksana saat itu.

4. “Jangan pernah melupakan sahabat”
Kesalahan terbesar yang biasanya dialakukan seseorang setelah memiliki pergaulan yang cukup luas adalah terlalu mudah melupakan. Sebisa mungkin jangan pernah membuat orang-orang disekitarmu merasa kau mulai tak perduli dan melupakannya, sesekali cobalah menghubungi teman-teman lamamu lewat telepon atau pesan singkat. Meskipun terlihat bukan sesuatu yang istimewa, terkadang hal kecil bisa memberi pengaruh besar bukan.

5. “Berhati – hatilah . . .”
Kata – kata (komunikasi) dalam hal ini adalah bagian terpentingnya, berhati-hatilah dalam menggunakannya, jangan salah menempatkan kata-kata. Saat dia tengah bersedih hiburlah dengan kata-kata bijak, saat dia butuh hiburan hiburlah dengan kata-kata yang sedikit mengandung humor (jika tertukar, akan sangat patal akibatnya).

6. “Terakhir, jangan pernah ragu untuk mencoba”
Kegagalan terbesar adalah tidak pernah mau mencoba dan tidak pernah mau mengambil pelajaran dari kegagalan. Jadi, cobalah sekarang juga, di luar sana mereka menantimu.

No comments:

Post a Comment